Pentingnya menyediakan waktu me time

Semangat pagi teman-teman pelatihan motivasi. Menyediakan dan menyiapkan waktu untuk diri sendiri atau yang biasa disebut “me time” sangatlah penting. Di tengah hiruk-pikuk pekerjaan (baik pekerjaan kantor atau rumah), kamu perlu mengendalikan kesehatan dan kebahagiaan diri kamu sendiri. Dengan dilaksanakannya ‘me time’ mampu menurunkan stres, meningkatkan produktivitas, dan mengembalikan lebih banyak energi.

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa terlalu memikirkan diri sendiri, apalagi dengan melakukan ‘me time’ adalah pemikiran yang egois. Tapi coba, deh, dipertimbangkan lagi, melihat manfaat dari kamu melakukan ‘me time’. Ada masanya kamu perlu melakukan hal-hal yang memberi energi positif pada mental, emosional, dan spiritual. ‘Me time’ membawa kamu pada kesabaran yang lebih besar dan sikap yang lebih positif terhadap hubungan kamu dengan orangtua, pasangan, anak, bahkan lingkungan tempat kerja.

Cobalah tentukan dan siapkan waktumu untuk me time, beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu melakukan me time :

  1. Memberikan kesempatan untuk mendengar suara kamu sendiri

Ketika kamu menjadi bagian dari suatu kelompok (misalnya di tempat kerja atau di kampus), kamu cenderung mengikuti apa yang dilakukan atau dipikirkan oleh kelompok tersebut. Padahal tidak selalu tindakan yang kelompok kamu ambil mengandung keputusan yang sama dengan suara kamu. Berikan ruang untuk bisa mendengarkan suara kamu sendiri.

  1. Mampu mengatasi masalah dengan lebih efektif

Sulit untuk memikirkan solusi atau jalan keluar yang efektif dalam menghadapi masalah, dengan me time kamu akan mampu mengatasi masalah dengan lebih tenang dan efektif.

  1. Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain

Dengan menghabiskan waktu bersama diri sendiri dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri kamu, apa yang kamu inginkan dalam hidup kamu lebih mungkin untuk membuat pilihan yang lebih baik tentang apa yang kamu inginkan. Kamu juga bisa lebih menghargai hubungan kamu setelah menghabiskan waktu sendirian.

  1. Memungkinkan Kamu untuk Me-reboot Otak dan Bersantai

Terus-menerus “aktif” tidak memberi otak kamu kesempatan untuk beristirahat dan mengisi kembali dayanya sendiri. Menjadi seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, fokus, dan berpikir lebih jernih. Ini merupakan kesempatan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

  1. Meningkatkan konsentrasi, kreatif dan produktivitas

Saat kamu menghilangkan atau mengesampingkan sejenak gangguan dari hari kamu, kamu dapat lebih bisa berkonsentrasi. Dengan kembalinya konsentrasi membantu kamu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Akhir kata, salam pelatihan motivasi.