Mengapa berkarya begitu penting ? Apa alasannya ?

Semangat pagi, teman-teman pelatihan motivasi, Hal urgent yang bisa membedakan kita dengan komputer ialah keahlian berkarya. Dengan karya tersebut kita dapat menebarkan manfaat untuk sesama, bahkan untuk dunia ini. Sayangnya, sebagian besar kita tak mau menggunakan kemampuan itu. Kita lebih banyak disibukkan dengan hal-hal yang melengahkan.

Kita tidak diberi tahu bagaimana cara berkarya untuk sesama. Kita Cuma diminta menghafal nama-nama organ tubuh yang bisa dilakukan oleh komputer. Kadang kita diminta menemukan rumus-rumus yang telah ada tersebar di web. Ohh no.

Akibatnya kata ‘berkarya’ dianggap begitu sulit. Padahal berkarya tak musti selalu di bidang sains. Karya dapat dari berbagai sektor. Seni rupa pun bisa dibuat wadah karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Membuat contoh surat lamaran yang disebar di internet untuk mereka yang membutuhkan juga merupakan karya.

Seseorang yang berkarya tak pernah mati, walaupun raganya telah mati. Karyanya yang menjadikan selalu hidup & diingat oleh orang banyak. Contohnya penemu lampu, Thomas Alfa Edison. Apakah dia masih ada? Tidak. Tapi namanya tetap hidup & terabadikan dalam buku sejarah. Beliau akan tetap dikenal selama bola lampu masih dimanfaatkan.

Lalu bagaimana dengan kita yang sejatinya memiliki kemampuan berkarya seperti mereka, tapi cuma bekerja seperti robot pekerja. Cuma bisa melamar kerja kesana kesini. Kenapa kita memilih untuk menjadi orang yang gak berkembang padahal mempunyai kemampuan mengerjakannya.

Apapun yang kita terima sekarang ini merupakan hasil dari pekerjaan yang kita lakukan di masa lampau. Kenapa kita tak mengerjakan yang terbaik saat ini untuk kebahagiaan di masa yang akan datang.

Setidaknya inilah motivasi mengapa kita perlu berkarya:

– Menjadikan diri sendiri lebih bermanfaat bagi orang banyak

– Memudahkan diri sendiri lebih maju

– Menghabiskan waktu untuk berkarya pasti lebih bermanfaat kan?

– Tanda Syukur pada tuhan atas semua yang kita terima, yakni untuk kita rangkai menjadi sesuatu yang bermanfaat

– Pribadi bisa jadi lebih kreatif & terus berkembang dengan singkat

– Semakin sering berkarya dan bertekad untuk bermanfaat bagi sesama, maka semakin merasa belum puas (Semakin rendah hati).

– Semakin diingat oleh orang banyak akan kegunaan karya yang dia hasilkan

Untuk itu teman-teman pelatiha motivasi tetaplah semangat untuk berkarya untuk merangkai cerita kehidupan yang lebih berguna dan bermanfaat.

Akhir kata, salam pelatihan motivasi.