cara cepat mengatasi tekanan batin, tekanan batin, tekanan batin adalah

INILAH 5 CARA CEPAT MENGATASI TEKANAN BATIN

Mungkin kamu pernah mengalami keadaan di mana kamu merasa stres, depresi ataupun tertekan atas suatu kejadian yang gak pernah kamu harapkan terjadi datang begitu saja tanpa henti. memang gak mudah itu mengalami itu semua. apalagi kamu menghadapi itu semua sendirian gak ada yang orang menemani untuk mendukung dirimu dalam menghadapi situasi ini. akhirnya kamu malah makin merasa semakin bingung menjalani hidup ini. kamu merasa hidup ini gak adil, hidup ini jahat, tidak ada orang yang mau membantuku bahkan kamu beranggapan bahwa tuhan itu gak ada karena karena seperti nya tuhan tidak pernah menolong kamu selama ini. ditambah kamu mengingat kejadian masa kecil kamu yang begitu menyakitkan sehingga membuat kamu pun mengalami tekanan batin yang semakin dalam.


memang tidak mudah untuk bisa lepas dari tekanan batin tapi jika tidak kamu lepaskan maka efeknya akan berbahaya jika tekanan batin ini terus kamu pelihara. tetapi bukan berarti mustahil untuk kamu bisa lepas dari tekanan batin. tetapi sebelumnya kamu perlu tahu dulu apa itu tekanan batin dan gejalanya seperti apa karena kamu gak mungkin bisa menyembuhkan sesuatu sebelum kamu mengenali sesuatu tersebut.


tekanan batin atau depresi adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus-menerus merasa sedih dan tertekan serta kehilangan minat dalam beraktivitas, sehingga mengakibatkan penurunan kualitas hidup sehari-hari. Seseorang yang mengalami gangguan depresi atau tekanan batin, kelainan ini dapat memengaruhi perasaan, pemikiran, hingga perilaku sehingga menimbulkan masalah emosional dan fisik.


Gejala yang Menyertai Tekanan Batin


Gejala yang dirasakan setiap orang saat mengalami tekanan batin bisa berbeda-beda. Akan tetapi, penderita tekanan batin umumnya akan mengalami beberapa gejala berikut:
Cemas, khawatir, atau gugup berlebihan.
Perhatian mudah teralihkan atau sulit berkonsentrasi.
Mudah marah dan frustasi.
Menghindar atau tidak mau bertemu orang lain.
Sering absen dari pekerjaan atau sekolah.
Tidak merawat diri dengan baik, misalnya menjadi jarang mandi atau berganti pakaian.
Jarang atau tidak mau keluar rumah.
Hasrat seks atau libido berkurang.
Pada beberapa kasus, orang yang mengalami tekanan batin juga merasakan gejala berupa sakit kepala, tubuh terasa tidak berenergi, nyeri dada, dan gangguan tidur.


Inilah 5 cara mengatasi tekanan batin kamu agar tidak berlarut terlalu lama

  1. kamu bisa mencoba melakukan aktivitas yang membuat hati kamu tenang seperti meditasi, yoga, berlibur dan melakukan relaksasi. saat hati kamu tenang maka tekanan batin atau depresi yang kamu alami bisa semakin berkurang bahkan bisa lepas selamanya
  2. kamu juga bisa rutin melakukan olahraga karena olahraga bisa menghasilkan hormon kebahagiaan otomatis kamu bisa menjalani hidup tanpa beban
  3. kamu bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.
  4. kamu bisa membaca buku atau mendengarkan audio video terapi tentang penyembuhan jiwa secara rutin. hal tersebut bisa meringankan tekanan batin kamu
  5. melakukan konseling dengan profesional seperti psikolog, psikiater atau terapis di bidang kejiwaan.
    jika kamu ingin bisa lebih cepat lagi dalam mengatasi tekanan batin dan ingin mengembangkan dirimu agar potensi dirimu keluar kamu bisa mengunjungi situs pelatihanmotivasi.id